Monday, August 6, 2012

Populasi dab Sampel


Populasi Dan Sampel
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. (Sugiyono). Populasi mencakup segala hal, termasuk benda-benda alam, dan bukan sekedar jumlah yang ada pada objek.
Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Bila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin meneliti semua yang ada pada populasi, (misalnya karena keterbatasan dana, tenaga, dan waktu) maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi itu. Apa yang dipelajari dari sampel itu, kesimpulannya akan diberlakukan untuk populasi itu. Untuk sample yang diambil dari populasi harus benar-benar representatif (mewakili). (Sumber : Blog Tesis Proposal, 08/10/2007)
Salah satu metode yang dapat dipakai untukmenentukan jumlah sampel ini adalah metode purposive sampling. Dalam metode ini besarnya sampel ditentukan dengan mempertimbangkan tujuan penelitian berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan terlebih dahulu. Dimana besarnay sampel yang akan digunakan dihitung dengan menggunakan rumus Slovin  berikut :
          Rumus Sloving :


Text Box: n = N/((1+N .  e^2))
 


          Dimana:
               n          = ukuran sampel
              N         = ukuran populasi
           e      = error yang ditentukan persentase toleransi ketidaktelitian (presesi) karena kesalahan     pengambilan sampel yang masih dapat ditolerir

No comments:

Post a Comment

Post a Comment